Sunday, August 24, 2008

SAP Ilmu Sosial Dasar

SATUAN ACARA PERKULIAHAN
MATA KULIAH : ILMU SOSIAL DASAR



PERTEMUAN I: ISD SEBAGAI SALAH SATU MKDU
Mahasiswa dapat memahami hakekat dan fungsi ISD dalam perguruan tinggi
1.1. Pengertian, Tujuan, ISD dan IPS
- Mahasiswa dapat menjelaskan penngertian ISD
- Mahasiswa dapat menyebutkan tujuan ISD
- Mahasiswa dapat menyebutkan tiga rumpun pengetahuan
1.2. ISD dan Ilmu Sosial
- Mahasiswa dapat menjelaskan persamaan antara ISD dengan Ilmu Sosial
- Mahasiswa dapat menjelaskan dan perbedaan antara ISD dengan Ilmu Sosial
1.3. Ruang Lingkup ISD
- Mahasiswa dapat menyebutkan 3 golongan bahan pelajaran ISD

PERTEMUAN II: PENDUDUK, MASYARAKAT DAN KEBUDAYAAN
Mahasiswa dapat memahami dan menghayati berbagai kenyataan yang diwujudkan oleh pertumbuhan penduduk yang cepat.
Mengkaji pengaruh pertumbuhan penduduk terhadap perkembangan sosial, Mengkaji hubungan antar masalah penduduk dengan perkembangan kebudayaan
2.1.Pertumbuhan penduduk
- Mahasiswa dapat menuliskan perkembangan penduduk dunia dengan menggunakan tabel
- Mahasiswa dapat menuliskan penggandaan penduduk dunia dengan menggunakan tabel
- Mahasiswa dapat menyebutkan faktor-faktor demografi yang mempengaruhi pertambahan penduduk
- Mahasiswa dapat menuliskan rumus tingkat kematian yang kasar
- Mahasiswa dapat menulliskan rumus tingkat kematian khusus
- Mahasiswa dapat menulliskan angka kelahiran
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian migrasi
- Mahasiswa dapat menyebutkan macam-macam migrasi
- Mahasiswa dapat menyebutkan proses migrasi
- Mahasiswa dapat menjelaskan akibat migrasi
- Mahasiswa dapat menyebutkan 3 jenis struktur penduduk
- Mahasiswa dapat menuliskan bentuk piramida penduduk stasioner, muda, tua
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian rasio ketergantungan
2.2. Kebudayaan dan Kepribadian
- Mahasiswa dapat menjelaskan pertumbuhandan perkembangan kebudayaan di Indonesia
- Mahasiswa dapat menjelaskan kebudayaan Hindu, Budha dan Islam
2.3. Kebudayaan Barat
Mahasiswa dapat menjelaskan kebudayaan barat

PERTEMUAN 3: INDIVIDU, KELUARGA DAN MASYARAKAT
Mahasiswa dapat memahami dam menghayati berbagai masalah sosial yang berhubungan dengan perkembangan individu dan keluarga
3.1 Pertumbuhan individu
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian individu
- Mahasiswa dapat menjelaskan penngertian pertumbuhan
- Mahasiswa dapat menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan
3.2. Fungsi Keluarga
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian fungsi keluarga
- Mahasiswa dapat menyebutkan macam-macam fungsi keluarga
3.3. Individu, keluarga dan masyarakat
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian keluarga
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian masyarakat
- Mahasiswa dapat menyebutkan 2 golongan masyarakat
- Mahasiswa dapat membedakan antara masyarakat non industri dengan masyarakat industri
3.4. Hubungan antara Individu keluarga dan masyarakat
- Mahasiswa dapat menjelaskan makna Individu
- Mahasiswa dapat menjelaskan makna keluarga
- Mahasiswa dapat menjelaskan makna masyarakat
- Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan antara individu, keluarga dan masysakat
3.5. Urbanisasi
- Mahsiswa dapat menjelaskan pengertian urbanisasi
- Mahasiswa dapat menjelaskan proses terjadinya urbanisasi

PERTEMUAN 4: PEMUDA DAN SOSIALISASI
Mahasiswa dapat memahami dam menghayati masalah –masalah kepemudaan , identitasnya sebagai pemuda yang sedang belajar di perguruan tinggi
4.1. Internalisasi Belajar dan Spesialisasi
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian pemuda
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian sosialisasi
- Mahasiswa dapat menjelaskan internalisasi belajar dan sosialisasi
- Mahasiswa dapat menjelaskan proses sosialisasi
- Mahasiswa dapat menjelaskan peranan sosial mahasiswa dan pemuda di masyarakat
4.2. Pemuda dan Identitas
- Mahasiswa dapat menjelaskan pola dasar pembinaan dan pengembangan generasi muda
- Mahasiswa dapat menjelaskan 2 pengertian pokok pembinaan dan pengembngan generasi muda
- Mahasiswa dapat menuliskan masalah-masalah generasi muda
- Mahasiswa dapat menyebutkan potensi-potensi generasi muda
- Mahasiswa dapat menyebutkan tujuan pokok sosialisasi
4.3. Perguruan dan Pendidikan
- Mahasiswa dapat mengembangjkan potensi generasi muda
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian pendidikan dan perguruan tinggi
- Mahasiswa dapat memberikan alasan untuk berkesempatan mengenyam pendidikan tinggi

PERTEMEMUAN 5: WARGANEGARA DAN NEGARA
Mahasiswa dapat mengetahui dan menghargai kedudukan dan peranan setip warganegara dalam negara hukum indonesia
5.1. Hukum, Negara dan Pemerintahan
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian hukum
- Mahasiswa dapat menyebutkan sifat dan ciri-ciri hukum
- Mahasiswa dapat menyebutkan sumber-sumber hukum
- Mahasiswa dapat menuliskan pembegian hukkum
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian negara
- Mahasiswa dapat menyebutkan 2 tugas utama negara
- Mahasiswa dapat menyebutkan sifat-sifat negara
- Mahasiswa dapat menyebutkan 2 bentuk negara
- Mahasiswa dapat menyebutkan unsur-unsur negara
- Mahasiswa dapat menyebutkan tujuan negara repoblik indonesia
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian tentang pemerintah
- Mahasiswa dapat membedakan pemerintahan dengan pemerintah
5.2. Warga Negara dan Negara
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian warga negara
- Mahasiswa dapat menyebutkan 2 kriteria menjadi warga negara
- Mahasiswa dapat menyebutkan orang-orang yang berada dalam satu wilayah negara
- Mahasiswa dapat menuliskan pasal yang tercantum di dalam UUD 45 tentang warga negara
- Mahasiswa dapat menuliskan pasal-pasal UUD 45 tentang hak dan kewajiban Warga negara

PERTEMUAN 6: PELAPISAN SOSIAL DAN KESAMAAN DERAJAT
Mahasiswa dapat memahami dan menghayati kenyataan-kenyataan yang diwujudkan oleh adanya pelapisan sosial, kesamaan derajat sebagai suatu cita-cita, mengkaji peranan kaum elite terhadap masa, memahami pembagian pendapatan sebagai suatu usaha untuk mendekatkan kenyataan dengan cita-cita.
6.1. Pelapisan sosial
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian pelapisan sosial
- Mahasiswa dapat menjelaskan terjadinya pelapisan sosial
- Mahasiswa dapat menyebutkan perbedaan sistem pelapisan dalam masyarakat
- Mahasiswa dapat menjelaskan beberapa teori tentang pelapisan sosial
6.2. Kesamaan Drajat
- Mahasiswa dapat menjelaskan tentang kesamaan derajat
- Mahasiswa dapat menuliskan pasal-pasal di dalam UUD45 tentang persamaan hak
- Mahasiswa dapat menyebutkan 4 pokok hak asasi dalam 4 pasal yang tercantum pada UUD 45
6.3. Elite dan Massa
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian Elite
- Mahasiswa dapat menyebutkan fungsi elite dalam memegang strategi
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian Massa
- Mahasiswa dapat memenyebutkan ciri-ciri massa

PERTEMUAN 7: MASYARAKAT PEDESAAN DAN MASYARAKAT PERKOTAAN
Mahasiswa dapat memahami dan menghayati kenyataan yang diwujudkan oleh gejolak masyarakat perkotaan, memahami dan menghayati kenyataan sosial yang diwujudkan oleh keberadaan masyarakat pedesaan, mengkaji hubungan antara masyarakat perkotaan
7.1. Masyarakat Perkotaan, Aspek-Aspek Positif dan Negatif
- Mahasisiwa dapat menjelaskan pengertian masyarakat
- Mahsiswa dapat menyebutkan syarat-syarat menjadi masyarakat
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian masyarakat perkotaan
- Mahasiswa dapat menyebutkan 2 tipe masyarakat
- Mahasiswa dapat menyebutkan cirri-ciri masyarakat kota m
- Mahasisiwa dapat menyebutkan perbedaan antara desa dan kota
7.2. Hubungan Desa dan Kota
- Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan desa dan kota
7.3. Aspek Positif dan Negatif
- Mahasiswa dapat menjelaskan tentang aspek positif dan aspek negatif
- Mahasiswa dapat menyebutkan 5 unsur lingkungan perkotaan
- Mahasiswa dapat menyebutkan fungsi external kota
7.4. Masyarakat Pedesaan
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian desa
- Mahasiswa dapat menyebutkan cirri-ciri desa
- Mahasisiwa dapat menyebutkan cirri-ciri masyarakat pedesaan
- Mahasiswa dapat menyebutkan macam-macam pekerjaan gotong royong
- Mahasiswa dapat menjelaskan sifat dan hakikat masyarakat pedesaan
- Mahasiswa dapat mnyebutkan macam-macam gejala masyarakat pedesaan
- Mahasiswa dapat menjelaskan sistem budaya petani Indonesia
- Mahasiswa dapat menyebutkan unsur-unsur desa
- Mahasiswa dapat menyebutkan fungsi desa
7.5. Perbedaan Masyarakat Pedesaan dan Masyarakat Perkotaan
- Mahasiswa dapat menyebutkan perbedaan masyarakat pedesaan dan masyarakat perkotaan

PERTEMUAN 8: PERTENTANGAN SOSIAL DAN INTEGRASI MASYARAKAT
Mahsiswa dapat memahami dan menghayati kenyataan-kenyataan yang disebabkan oleh adanya pertentangan sosial, mengetahui faktor-faktor yang dapat menyebabkan pertentangan sosial, mengkaji pertentangan yang dapat menimbulkan ketegangan sosial, memahami dan menghayati adanya bebagai golongan yang berbeda –beda ,bersamaan dengan integrasi sosial, mengkaji masalah integrasi sosial
8.1. Perbedaan kepentingan
- Mahasiswa dapat menjelaskan perbedaan kepentingan
8.2. Prasangka diskriminasi dan ethosentris
- Mahasiswa dapat menjelaskan tentang diskriminasi dan ethosentris
8.3. Pertentangan sosial ketegangan dalam masyarakat
- Mahasiswa dapat menjelaskan pertentangan dan ketegangan dalam masyarakat
8.4. Golongan-golongan yang berbeda dan integrasi sosial
- Mahasiswa dapat menyebutkan golongan-golongan yang berbeda dan integrasi sosial
8.5. Integrasi nasional
- Mahasiswa dapat menjelaskan tentang integrasi nasional

PERTEMUAN 9: ILMU PENGETAHUAN TEKNOLOGI DAN KEMISKINAN
Mahasiswa dapat memahami dan menghayati kenyataan yang diwujudkan oleh adanya kemiskinan, memahami dan menghargai kemampuan manusia memanfaatkan sumber daya alam untuk membasmi kemiskinan, mengkaji sistem ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam , mengkaji kemampuan manusia mengembangkan ilmu pengetahuan guna memanfaatkan sumber daya alam, mengkaji peranan teknologi dalam mengatasi kemiskinan
9.1. Ilmu Pengetahuan
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian ilmu pengetahuan
- Mahasiswa dapat menyebutkan 4 hal sikap yang ilmiah
9.2. Teknologi
- Mahasiswa dapat menjejaskan pengertian teknologi
- Mahasiswa dapat menyebutkan cirri-ciri fenomena teknik pada masyarakat
- Mahasiswa dapat menyebutkan cirri-ciri teknologi barat
9.3. Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Nilai
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian ilmu pengetahuan,teknologi dan nilai
9.4. Kemiskinan
- Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian kemiskinan
- Mahasiswa dapat menyebutkan ciri-ciri manusia yang hidup di bawah garis kemiskinan
- Mahasiswa dapat menyebutkan fungsi kemiskinan

PERTEMYAN 10: AGAMA DAN MASYARAKAT
Mahasiswa dapat memahami dan mengerti tentang berbagai agama dan fungsinya dalam masyarakat indonesia
10.1. Fungsi agama
- Mahasiswa dapat menjelaskan fungsi agama dalam masyarakat
- Mahasiswa dapat menyebutkan dimensi komitmen agama
10.2. Pelembagaan agama
- Mahasiswa dapat menyebutkan 3 tipe kaitan agama dengan masyarakat
- Mahasiswa dapat menjelaskan tentang pelembagaan agama
10.3. Agama ,konflik dan masyarakat
- Mahasiswa dapat memberikan contoh-contoh konflik yang ada dalam agama dan masyarakat

No comments: